Minggu, 01 Agustus 2021

Asah Kemampuan Menulis Narasi, PUKKAT Gelar Pelatihan

 

PUKKAT gelar Pelatihan Menulis Narasi, 30 Juli - 1 Agustus 2021 di Kantor PUKKAT Kakaskasen Tomohon. Kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan Komunitas Penulis Muda Minahasa MAPATIK dan Kelung.

Peserta adalah para penulis, jurnalis, dan mahasiswa. Mereka datang dari Kabupaten Bolaang Mongondow, Minahasa Selatan, Minahasa Utara, Minahasa, Kota Manado, dan Kota Tomohon.



Kemampuan menulis di genre naratif diasah. Genre menulis ini lebih dalam dari apa yang disebut dengan in-depth reporting. Menulis narasi bukan sekedar melaporkan fakta. Dia merambah aspek psikologi tokoh yang diceritakan dan menerangkan secara terperinci alasan mengapa suatu peristiwa dilakukan. Genre ini menceritakan secara detail berbagai hal untuk membawa pembaca seolah hadir dalam kisah itu. Ada karakter, ada drama, ada babak, ada adegan, ada konflik. Semua disajikan secara utuh, tak terpotong-potong dalam laporan yang berbeda.

Hadir sebagai fasilitator para peneliti PUKKAT: Denni Pinontoan, Kalfein Wuisan, Rikson Karundeng dan Greenhill Weol.


Baik peserta, pelaksana, maupun fasilitator, semuanya hadir dengan rukup. Ada yang membawa minyak kelapa, gula, kopi, beras, ikan, daging, sayur-sayuran, dan ubi-ubian. Ada juga yang membawa captikus, obat penghangat dan pencegah Covid-19.

Kegiatan dipersiapkan bersama, lokasi kegiatan ditata bersama, barang-barang kebutuhan pelatihan dibawa bersama, semua bahan makanan dan minuman, dikumpulkan bersama.

Satu lagi, ada tradisi dalam setiap kegiatan PUKKAT. Menyiapkan makanan dan membersihkan ruang pelatihan usai makan, dilakukan secara bersama-sama. Memasak beramai-ramai, makan bersama, mencuci alat masak dan alat makan sama-sama, bagian penting dari pelatihan.
Bukan hanya peserta, para fasilitator, penanggung jawab kegiatan dan siapapun yang akan datang di lokasi kegiatan, akan menikmati bersama-sama tanggung jawab dan keseruan ini. Kita saling berbagi, dan saling melayani bersama-sama.

Riane Elean

Author & Editor

""

0 komentar:

Posting Komentar