Kamis, 22 Desember 2022

Garden Amidst the Flame



PUKKAT menjadi host pemutaran film "Garden Amidst the Flame" dan diskusi karya Natasha Tontey, seorang seniman visual, desainer grafis dan peneliti, yang telah menghasilkan banyak karya seni yang dipresentasikan di dalam dan luar negeri.

Menurut seniman berdarah Minahasa ini, setelah premier di London serta pameran di Zürich, Den Haag dan Bangkok, akhirnya, Garden Amidst the Flame (2022) pulang ke Tanah Minahasa di Pusat Kajian Kebudayaan Indonesia Timur - Pukkat.

Pemutaran film dan diskusi yang digelar 21 Desember 2022 di Kantor PUKKAT - Kakaskasen, dihadiri para pemeran dan kru film, sejumlah akademisi, aktivis, jurnalis dan tim PUKKAT.



"Garden Amidst the Flame" adalah kisah masa depan di mana penonton dipandu ke dalam fantasi seorang gadis muda Minahasa dalam struktur waktu non-linear. Perjalanan dimulai dari protagonis muda Virsay mengisi malam dengan mencukur alisnya bersama adik perempuannya dalam tampilan hipermaskulinitas budaya Minahasa yang tidak emosional. Tanpa mengetahui adik perempuannya adalah salah satu anggota tumpukan Kawasaran perempuan yang mempraktikkan pengetahuan kuno, dia menemukan dunia antah berantah dengan kemunculan tiba-tiba fosil hidup, monster Coelacanth, di tempat tidurnya, binatang ayam jago menari di kamarnya saat itu dipenggal oleh kawasaran perempuan, dan situasi fantastis dan absurd lainnya.

Menurut Natasha, Plot "Garden Amidst the Flame" ditulis setelah dirinya berpartisipasi dalam ritual Karai. Pengalaman immaterial yang luhur untuk menggali, mengambil bagian, dan mengamati budaya leluhurnya menginspirasi untuk melahirkan karya ini. Simbol dan mitos diadaptasi dan dibenturkan dengan fiksi dan kritik untuk membangun narasi cerita yang tidak linier. Eksperimen dan penelitian bermutasi menjadi film fantasi. Karya tersebut mengeksplorasi psikologi dari banyak karakter fiksi yang muncul dalam film; protagonis muda utama Virsay, adik perempuannya Mikha, Kakek Yop, monster Coelacanth, monster ayam jago, dan yang terpenting Wulan Lengkoan, tumpukan Kawasaran perempuan. Semua karakter ini berinteraksi satu sama lain untuk memikirkan metode baru perawatan spekulatif, sebagai ide untuk menentang presentasi hipermaskulin budaya ritual Minahasa dan kehidupan sehari-hari.

Film ini disajikan dalam pengaturan instalasi yang menciptakan lingkungan suara, pencahayaan, dan gambar bergerak yang berlapis-lapis.

Menurut Natasha, dia memperluas penelitian artistiknya dalam kosmologi Minahasa, dalam karya filmnya ini. Dia mengembangkan pendekatan queering dalam memahami salah satu upacara ritual utama dalam masyarakat Minahasa, "Karai". "Karai" adalah ritual di mana prajurit Minahasa berpakaian dengan baju besi yang tak terkalahkan untuk membuat mereka kebal terhadap perang suku. Di Minahasa kontemporer, Karai lebih banyak dipahami sebagai ritual hiper-maskulin karena sebagian besar pesertanya adalah laki-laki. Namun, dalam karya ini, berdasarkan penelitian dan pengalamannya, dia menggali ide potensial perawatan spekulatif di Karai. Karena ritual ini terkait erat dengan pengertian tentang pakaian, simbol, dan pakaian, dan mengingat bahwa dalam mitologi kosmos Minahasa bahwa dunia bukanlah tempat bermain yang heteronormatif, Dia mengamati kemungkinan destabilisasi dan rekonfigurasi asumsi Karai dalam hubungannya, untuk gagasan perawatan dan kekebalan bukan agresi dan maskulinitas.

Sejumlah karya Tontey lainnya telah dipresentasikan di Singapore Biennale 2022 (Singapore, 2022), Auto Italia (London, 2022), GHOST;2565 (Bangkok, Thailand, 2022), De Stroom Den Haag (The Hague, 2022), Protozone8; Queer Trust di Shedhalle (Zurich, 2022), transmediale for refusal (Berlin, 2021), Molecular Minds Monstrous Matters di Akademie Schloß-Solitude (2021), Asian Film Archive (Singapore, 2021), Kyoto Experiment (Kyoto, 2021), Polyphonic Social yang di kurasi oleh Liquid Architecture (Melbourne, 2019), Other Futures: Multispecies Experiment (Amsterdam, 2019), dan masih banyak lagi.

Riane Elean

Author & Editor

""

0 komentar:

Posting Komentar